Collocation adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang terdiri dari dua kombinasi kata. Apa itu collocation dalam bahasa Inggris? Istilah ini mengacu pada dua kata yang sering digunakan bersama untuk membentuk satu ekspresi.

Konsep collocation sendiri adalah membentuk kelompok dua kata atau lebih yang biasa digunakan bersama. Sebagian besar collocation bahasa Inggris adalah idiomatik. Sebuah collocation dianggap “benar” hanya karena penggunaannya telah diterima secara luas oleh penutur asli bahasa Inggris

Penjelasan Mengenai Collocation

Collocation adalah kombinasi kata-kata yang sering digunakan bersama-sama dan terdengar alami jika diucapkan atau dituliskan. J.R. Firth, seorang ahli bahasa Inggris pertama kali menggunakan istilah “collocation” dalam pengertian linguistiknya. Kombinasi ini alami dan terdengar “benar” bagi penutur asli bahasa Inggris.

Sebaliknya, kombinasi lain mungkin tidak wajar dan terdengar “salah” bagi yang bukan penutur asli. Ada beberapa collocation paling umum dalam bahasa Inggris yang terbuat dari kata keterangan dan kata sifat, kata kerja dan kata sifat dan masih banyak lagi.

Kombinasi dari dua kata tersebut adalah cara yang signifikan untuk meningkatkan kosakata. Berikut adalah contoh dari collocation:

1. Adverb + Adjective

  • Ridiculously Easy

Ungkapan pertama dalam collocation singkat adalah “sangat sederhana atau sangat mudah.”

Sebagai contoh:

The task is ridiculously easy

  • Highly Successful

Ungkapan ini dalam bahasa Inggris berarti “sangat sukses” dan sering digunakan dalam dunia bisnis.

Sebagai contoh:

The product was highly successful.

2. Adjective + Noun

  • Preliminary exam

Collocation di atas memiliki arti tes awal dan sering digunakan untuk menggambarkan pra ujian. Contoh:

I have to finish Preliminary exam

  • Regular schedule (jadwal biasa)

Ungkapan di atas memiliki arti jadwal biasa atau jadwal harian seperti biasa, contoh :

I have regular schedule

3. Noun + Noun

  • A cup of coffee

Ungkapan di atas memiliki arti secangkir kopi dan biasa digunakan oleh native speaker. Contoh :

I want to a cup of coffe

Selain collocation, kamu juga harus mempelajari contoh kalimat idiom dalam Bahasa Inggris dan artinya. Semua itu bisa kamu pelajari dengan belajar bersama English First. Yuk, learn with EF!