Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia pertanian dan perkebunan mungkin sudah sangat familiar dengan plastik mulsa. Plastik jenis ini sering kali dimanfaatkan untuk budidaya berbagai macam tanaman holtikultura, mulai dari melon, cabe, strobei, timun, semangka. Adapun harga Jual Plastik Mulsa Terdekat – Merk Urban Plastic sangat bervariatif, sesuai dengan jenis dan tempatnya.

Plastik mulsa ini sendiri sangat cocok untuk pembudidayaan berbagai tanaman dan sayuran yang memerlukan kesuburan serta kelembapan tanah yang baik dan terjaga. Maka tidak mengejutkan jika plastik mulsa ini menjadi pilihan bagi para petani dan pembudidaya tanaman. Pasalnya, plastik mulsa merk urban plastic ini juga hadir di pasaran dengan bermacam jenis dan harga yang bervariasi.

Harga Plastik Mulsa Merk Urban Plastic

Harga Plastik Mulsa Kelebihan Kekurangan

Sebagaimana sudah kami informasikan di awal, bahwa harga plastik mulsa merk urban plastic ini beraneka ragam, tergantung dengan jenis, ukuran, serta kualitas dari plastik itu sendiri.

Semakin panjang ukurannya dan juga semakin baik kualitasnya, maka harganya pun akan lebih mahal. Namun perlu diingat bahwa plastik mulsa merk urban plastic di daerah satu dan lainnya bisa saja mengalami perbedaan. Umumnya, plastik mulsa ini dijual sekitar Rp 30 ribu hingga 50 ribu per kilogram-nya.

Sementara itu, untuk ukuran plastik mulsa merk urban plastic yang model roll dijual mulai Rp 500rb – 600rb. Plastik mulsa ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko pertainan baik secara offline maupun melalui situs toko online yang menjualnya.

Kelebihan Plastik Mulsa

Plastik mulsa itu sejatinya merupakan plastik untuk menutupi lahan pertanian dan tanaman budidaya yang berperan penting dalam melindungi tanah dari gangguan erosi, dan juga serangan gulma (tanaman pengganggu). Selain itu juga sangat membantu dalam menjaga kelembapan dan kesuburan tanah, serta menjaga jumlah cahaya matahari yang dibutuhkan tanaman untuk proses fotosintesis tanaman.

Dengan kata lain, plastik mulsa ini sangat bermanfaat pada upaya budidaya tanaman melalui sistem intensifikasi produksi, sehingga hasil panen akan berlimpah jumlahnya serta kulitasnya pun lebih baik. Bahkan, menurut hasil penelitian ternyata masa panen budidaya tanaman yang menggunakan plastik mulsa dapat lebih cepat, yaitu berkisar antara 7-14 hari.

Lebih dari, penggunaan plasti mulsa juga dapat mengurangi evaporasi karena tanahnya tertutup degan plastik tersebut. Akibatnya, kelembapan tanah lebih terjaga sehingga tanaman yang dibudidaya tidak akan mengalami kekurangan air. Selain itu, unsur hara yang didapat dari pupuk juga tidak mudah hilang karena aliran air dapat ditahan oleh plastik mulsa.

Kekurangan Plastik Mulsa

Meskipun plastik mulsa memiliki banyak kelebihan dan keunggulan, bukan berarti plastik jenis ini tidak memiiki kekurangan. Cukup tingginya harga plastik mulsa merk Urban Plastic, maka akan sangat membebani biaya modal untuk produksi awal.

Selain itu, jika Anda menggunakan plastik mulsa, maka dalam proses pemasangannya Anda akan memerlukan peralatan pendukung lainnya, yakni pembuat lubang dan metode pengolahan tanah secara eksklusif.

Di samping itu, ketika penggunaan plastik mulsa selesai, maka sangat berpotensi menimbulkan limbah plastik. Pasalnya, plastik mulsa termasuk bahan plastik yang sulit untuk terurai, sekalipun dibuat dari bahan organik. Di mana plastik ini akan membutuhkan 200 hingga 400 tahun agar dapat terurai dengan sempurna.

Demikian informasi mengenai plastik mulsa merk urban plastic, terkait dengan harga, kelebihan dan kekurangannya. Jika dihitung-hitung, tetap saja potensi keuntungannya lebih besar dibandingkan dengan kekurangannya.

Sementara itu jika Anda ingin membelinya, maka Anda bisa menghubungi toko yang Jual Plastik Mulsa Terdekat – Merk Urban Plastic. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Plastik Mulsa merk Urban Plastic, silakan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Ratna) atau https://wa.me/628111721338, atau: Email: [email protected]